Senin, 24 Januari 2011

Usaha Bisnis Warnet


Pendahuluan
Kita sebagai warga masyarakat merupakan bagian dari sitem bisnis. Bisnis adalah suatu sistem yang menghasilkan atau memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen atau pelanggan.
Di zaman sekarang ini kurangnya lapangan kerja membuat banyaknya pengangguran.Hal seperti inilah yang mendorong seseorang untuk merintis atau membuka  usaha bisnis, baik itu usaha bisnis makanan, salon, warnet dan lain-lainnya. Usaha bisnis yang dibuka juga sudah menciptakan atau membuka lapangan kerja bagi orang lain.
Dari hasil pengamatan saya, pada keadaan dunia sekarang ini, bukan saja makanan yang menjadi kebutuhan tapi teknologi komputer sekarang sudah menjadi kebutuhan yang sangat di cari-cari. Salah satunya adalah  WARNET (Warung Internet). Kebutuhan masyarakat baik itu pengusaha, guru, mahasiswa, siswa-siswi sekolah akan informasi-informasi dari berbagai kalangan membuat mereka untuk selalu datang ke warnet, bahkan tak tanggung-tanggung untuk berlama-lama di warnet untuk mengupdet informasi-informasi maupun membuka situs pertemanan. Dengan keadaan seperti ini tak heran jika pemilik warnet memperoleh keuntungan. Jelas  sudah bahwa hal ini berkaitan dengan dunia usaha bisnis. 
Perkembangan Bisnis
Sebut Saja Bapak Jupriadi, beliau membuka Usaha warnet yang di beri nama DUTA Net. Beliau adalah orang rantauan Ranah Minang. Beliau merintis Bisnis Warnet ini adalah karena kondisi tempat untuk merintis usaha ini sangat tepat dan akan membuahkan hasil yang lumayan besar di kemudian harinya. Beliau memilih tampat di sekitaran kampus Universitas Gunadarma Kalimalang.
 Awalnya beliau merintis usaha ini, beliau sempat ragu-ragu dengan keuntungan yang akan diperoleh  nantninya, sebab beliau menyadari bahwa dengan perkembangan kemajuan jaman, pasti akan terjadi kurangnya peminat untuk datang ke warnet karena zaman sudah canggih. Pastiny mereka memilih untuk lebih baik menyediakan fasilitas sendiri dirumah mereka masing-masing.
Modal Awal Mendirikan Usaha Warnet
Modal awal beliau (Pemilik warnet) mendirikan usaha warnet ini adalah Rp 48.053.000. Itulah modal awalnya beliau dalam mendirikan Usaha warnetnya. Berikut ini adalah rincian dari modal awal beliau dalam mendirikan usaha ini ;
  • Komputer 1 Unit Rp 3.899.000 (14 Unit komputer)
  • Modem 1 buah Rp 320.000
  • Router 6 port 1 buah Rp 364.000
  • Splinter 1 buah Rp 50.000
  • Kableri 14 satu meter Rp 5000 (x25)
  • UPS 1 buah Rp 600.00 (14 Unit)
  • Bangunan untuk fasilitas warnet Rp 20.000.000
Trik-Trik Apa SajaYang  Dilakukan Sehingga Usaha Ini Bisa Menarik Minat Para Pengunjung
Sebenarnya kalau berbicara tentang trik, beliau (Pemilik Usaha) tidak banyak memiliki trik Beliau hanya memiliki 2 trik yang diandalkan dalam usahanya ini. Pertama adalah posisi duduk di warnet yang biasnya pengunjung diberikan kursi sebagai sarana, tapi pada usahanya ini pengunjung tidak diberikan kursi sebagai sarana, dalam artian memang tidak ada kursi, hal ini disebabkan karena cara duduk di warnet beliau adalah Lesehan. Kedua adalah Kebersihan. DUTA Net ini sangat menjaga kebersihan untuk itu Beliau menerapkan peraturan  untuk setiap pengunjung agar diharpkan ketika masuk ruangan, sepatu maupun sandalnya dilepas dan dilarang Merokok. Menurut Beliau mungkin karena 2 trik inilah sehingga Usaha  Warnetnya yang belum seumur jagung ini memiliki banyak pengunjung.
Tarif  Mengakses Internet Per Jam
Untuk tarif mengakses Internet Per Jam ini, beliau memasangkan 2 pilahan paket tarif, antara lain :
  • Rp 5.00 per jam
  • Rp 10.000 Per 3 Jam 
Keuntungan Yang Diperoleh Per Minggu ataupun Per Bulan
Berbicara soal keuntungan beliau sempat bingung juga, karena keuntungan yang diperolehnya itu tidak tetap semuanya tergantung dari berapa banyaknya pengujung yang datang. Kalau untuk keuntungan per minggu beliau tidak bisa memaparkannya, tapi kalau untuk keuntungan per bulan beliau biasanya mendapat Rp 800.000 sampai dengan Rp 2.500.000 
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah 
1. Produk
Bapak Jupriadi aringan Speddy sebagai jaringan internetnya karena speddy bisa memberikan koneksian Internet dengan cepat. Sehingga tidak membuat pengunjungnya jenuh untuk menunggu koneksi jaringan ke internet. 
  
2. Promosi  

Untuk promosi bapak Aldry tidak terlalu membuang tenaganya, sebab jaringan Speddy sendiri sudah dikenal banyak masyarakt. Apalagi para penunjung kebanyakan dari mahasiswa.  

3. Harga  

Price/ Harga yang ditawarkan bisa dikatakan mencakupi semua kalangan, baik yang mampu maupun yang kurang mampu. Seperti pada bahasan sebelumnya warnet ini memberikan 2 tarif yang sangat murah.
  • Rp 5.000 perjam
  • Rp 10.000  3 jam
Dengan tarif yang ditawarkan maka para pengunjung ataupun pelanggan bisa memilih peket harga yang diinginkan. 
4. Tempat
Untuk tempat, memilih di sekitar lingkungan kampus dalah kesempatan yang sangat strategis untuk di jangkau oleh masyarakat walaupun tempat nya agak kebelakang dari jalan raya.
Penutup
Berdasarkan uraian yang telah  jelaskan, maka saya dapat mengambil kesimpulan bahwa :
  • Dengan adanya penelitian seperti ini kita dapat mengerti alasan seseorang mendirikan usaha
  • Banyak cara yang dapat membuat usaha bisnis ini berkembang, yaitu dari segi tempat, harga, promosi dan juga fasilitasnya.
Jadi, padakesempatan ini saya ingin memberikan saran kepada masyarakat yang ingin membuat bisnis baru terutama bagi pemula khususnya antara lain sebagi berikut:
  1. Harus memiliki niat dan kemauan
  2. Harus Mempunyai modal yang besarnya sesuai dengan bisnis yang akan kita jalankan
  3. Pemilihan Produk, Promotion, Price serta Place harus diterapkan dalam membangun atau merintis usaha, karena 4p itu merupakan faktor yang penting dalam bisnis dan saling berkaitan antara satu dengan yang lain
  4. Harus berpikir kritis ketika mendirikan usaha
  5. Memiliki Skill yang baik sehingga bisa memberikan trobosan-trobosan bagi usaha yang dijalankan nantinya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar